Cara Mengatasi HP Bootloop dengan mudah

loading...
Cara Mengatasi HP Bootloop dengan mudah - Canggihnya teknologi menuntut kita harus bisa minimal sepintar smartphone yang kita pegang. Jangan hanya HP nya aja yang smart, orang masih katrok. Dasar Ndeso. Ibarat kata mental Nokia 3315 tapi pegang Iphone, kan gak nyambung. Setidaknya sebelum memutuskan untuk membeli Android/Smartphone kenali dulu speknya, pahami sistemnya agar jika terjadi apa-apa sobat gak mengeluarkan lagi biaya. Tak perlu ikut-ikutan anak muda yang sok-sokan nge-root androidnya tapi waktu ada masalah bingung setengah hidup..Hadewwhh payah.
Cara mengatasi hp bootloop
HP Bootloop

Cara Mengatasi HP Bootloop dan Penyebabnya

Ok, guys. Untuk sekedar tahu aja. Sebelum memutuskan untuk pergi ke tukang servis HP bootloop alangkah baiknya sobat kenali macam-macam bootloop agar dapat memperbaikinya sendiri. Mudah saja koq, Jangankan yang sepele, cara mengatasi android mati total pun juga nantinya bisa sobat lakukan sendiri.

#1. HP Bootloop ringan (Light bootloop) dan cara mengatasinya

Bootloop ringan tentunya sudah sering kita temui, Salah satunya adalah Aplikasi berhenti tiba-tiba, dan Layar android heng/hank (atau apa saja yang masih dalam keadaan hidup). Cara mengatasi HP android bootloop ringan sagatlah mudah, sobat cukup restart saja Smartphonenya, Jika dalam keadaan masih freeze/nge-heng layar gak bisa disentuh cukup tekan dan tahan tombol power beberapa detik sampai HP bergetar dan melakukan reboot ulang.

#2. HP Bootloop sedang (Medium bootloop) dan cara mengatasinya

Android yang mengalami medium bootloop terjadi karena sobat terlalu banyak install aplikasi entah itu game atau aplikasi yang tidak sengaja terdownload saat mengunjungi sebuah situs. Selain itu penyebab medium bootloop ini adalah saat sobat me-root Smartphone dan mengutak-atik sistemnya. Cara Mengatasi HP Bootloop sedang (medium bootloop) sangatlah mudah, Kenali sistem Smartphone sobat baik itu storage (penyimpanan/memory internal), Ram, dan OS (operating system). Usahakan jangan terlalu penuh, Hapus aplikasi yang mengonsumsi Ram dan storage besar. Matikan Aplikasi yang tidak terpakai, dan yang terakhir adalah buatlah sebuah backup pada hp agar suatu ketika anda dapat merestore-nya.

#3. HP Bootloop berat/parah (Hard bootloop) dan cara mengatasinya

Bootloop jenis ini hampir sama dengan yang tingkat medium, perbedaanya adalah Medium bootloop posisi HP masih bisa dinyalakan sedangkan Hard bootloop posisi hp mati total, tidak mau nyala lagi dan atau mau menyala tapi hanya sebatas logo dan restart berulang kali. Pada Posisi Medium cara mengatasi hp bootlop tanpa Pc bisa kita lakukan karena kita masih bisa masuk ke handphone sedangkan pada posisi hard cara mengatasi hp bootloop lewat PC merupakan opsi yang sering digunakan (baca : flashing). Namun bagi yang bootloop masih bisa tertolong, sobat dapat masuk ke mode recovery. kemudian Wipe data atau factory reset. Yang perlu sobat ingat adalah saat proses wipe data semua file yang terdapat dalam HP akan dihapus dan Smartphone akan kembali ke pengaturan awal pabrik (seperti baru). Oh iya, masing-masing pabrikan HP mempunyai cara recovery mode yang berbeda-beda, tapi umumnya adalah Power + Volume UP sedangakan yang memiliki tombol Home Seperti Samsung J5 adalah Home +  Volume Up + Power

Kebetulan juga beberapa hari yang lalu, saya menemui Jual HP Bootloop dengan harga sangat amat murah. Bayangkan saja Sony Xperia Z dijual dengan harga 200 ribu hanya karena ada gambar androidnya roboh.

Banyak sekali komentar dan tawar menawar yang akhirnya laku di saya dengan harga 300 ribu. hahahahaha
Setelah Wipe Factory Reset dan tra la la, HP nyala lagi.

Hal itulah yang akan terjadi jika sobat tidak tahu dan tidak mau tahu soal gadget yang sobat pakai, Demikian Cara mengatasi HP bootloop dengan mudah. Jangan terlalu percaya dengan counter yang bilang ini rusak berat harus ditinggal beberapa hari (padahal belum di cek HP nya) karena menurut pengalaman ada konter HP yang nakal dan berlaku curang tapi yang jujur juga banyak. Cari dulu solusinya di internet, kalau memang sudah mentok gak bisa baru deh lempar tukang servis.

Comments